Penutupan Bimbingan Teknis Penyuluh” Desa Berjejaring Indonesia Kuat “

Minggu 05 November 2017 Pukul 17.30 Penutupan Bimbingan Teknis Penyuluh” Desa Berjejaring Indonesia Kuat ” Di Hotel Cavinton Jl. Letjen Suprapto No. 1 Ngampilan ,Yogyakarta  secara resmi telah ditutup.

 

Penutupan Bimtek Penyuluh DBT Yogyakarta.

Dengan adanya Bimbingan Teknis Penyuluh” Desa Berjejaring Indonesia Kuat ” yang diadakan di Hotel Cavinton Yogyakarta selama 6 Hari Peserta Penyuluh dari berbagai desa yang berjumlah 27 orang yang bersal dari berbagai desa yang ada di provinsi Jateng dan Jatim Sangatlah Senang dan Bhagia sekali, Karena kami mendapatkan pengetahuan baru terkait penguatan program SIDEKA ( Sistem Informasi dan Kawasan ). Kami yang semulanya tidak tau menjadi tau apa sih itu SIDEKA dan apasih tujuanya ? ( Ujar Penyuluh DBT dari desa menoro  ABU SAPUTRO ) bahwasanya Aplikasi SIDEKA merupakan bagian dari program Kementrian Kominfo untuk melaksanakan Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pedesaan,khususya dalam memastikan keterhubungan antar desa dan kawasan hingga tingkat nasional,melalui sistem informasidesa dan kawasan. Salah satu tujuan penting dari penerapan Sistem informasi desa dan Kawasan,adalah untuk mewujudkan keberadaan informasi data tentang desa secara akurat dan valid. Keakuratan informasi data desa, akan sangat membantu bukan hanya bagi pemerintah desa,juga bagi pemerintah daerah hingga pusat, Karena selama ini,seringkali data desa yang tidak akurat dapat menyebabkan kebijakan pemerintah dalam menjalankan program pembangunan dan pelayanan masyarakat, dapat terkendala bahkan mengalami permasalahan.

Karenanya, setelah pelatihan SIDEKA ini, diharapkan aparatur Pemerintah desa mampu untuk mengembangkan dan memberikan informasi dari data tentang desa yang lebih akurat, valid dan dapat dipertangung jawabkan.

 

 

 

 

Dikutip oleh Penyuluh DBT desa Menoro

ABU SAPUTRO , email : iputabuokey@gmail.com

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan