Desa Menoro Kedatangan Tamu Dari Brazil dan inggris

Pada tanggal 30 Agustus 2017 Terkait dengan program Yes I do salah satu program yang ada di Kab.Rembang yang dilaksanakan di Desa Menoro mendapat kunjungan dari Brazil dan Inggris . Program Yes I do adalah salah satu program baru yang ada di kabupaten Rembang Jawa Tengah, dimana Program tersebut terdiri dari beberapa lembaga yaitu :Plan internasional indonesia, Rutgers WPF Indonesia, ARI ( Aliansi Remaja Independen ), PUPUK ( Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil ), PKBI ( Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia ), LPAR ( Lembaga Perlindungan Anak Rembang ).

“Kunjungan dari Brazil dan Inggris terkait Program yes i do di desa menoro bersama Kepala desa, KPAD dan perangkat desa serta PKK, bidan desa, Toga ,dan Tomas.”

Program YES I DO bertujuan untuk memberdayakan anak perempuan sehingga dapat memutuskan kapan dia akan menikah dengan siapa dia akan menikah dan memiliki anak. Program Yes I do ini memiliki 5 pendekatan : mobilisasi sosial,partisipasi orang muda ,pendidikan seksualitas komprenhensif dan layanan kesehatan seksual dan reproduktif ramah orang muda, pemberdayaan anak perempuan melalui pendidikan,ekonomi dan advokasi kebijakan, Program YES I DO bekerjasama dengan pemerintah desa di 3 provinsi meliputi Jawa Tengah ( Kab.Rembang ) , Jawa Barat ( Kab. Sukabumi ) dan NTB ( Kab. Lombok Barat ).

“KPAD dan perangkat desa bersama tim kunjungan dari brazil dan inggris Terkait Membakhas Partisipasi Remaja yang ada di desa Menoro”

 

Dengan adanya kunjungan dari Brazil dan Inggris yang bertujuan menganalisa bagaimana Partisipasi Remaja terkait Program YES I DO yg dilaksanakan di desa Menoro ini, Bagaimana remaja tersebut dapat mengeluarkan pendapat mereka dan memahami serta mengerti apa sih Program Yes I do ini dan di program ini dilatih keterampilan softskill bagaimana mereka nantinya dapat melatih diri sejak dini untuk berpikir strategis kreatif Inovatif serta berani mengambil resiko dalam berwirausaha terutama untuk merubah mental block pada dirinya dan mampu mengeluarkan pendapat mereka .Setidaknya remaja dapat merubah Pola pikir mereka terkait Issue pernikahan Usia anak dan kehamilan Remaja. di program ini di kenalkan tentang apa itu Gender dan Sex.

                                          “Partisipasi Remaja terkait Program Yes I do”

PENGERTIAN GENDER DAN JENIS KELAMIN
Gender adalah pembagian peran kedudukan, dan tugas antara laki-laki dan perempuan ditetapkan oleh masyarakat berdasarkan sifat perempuan dan laki-laki yang dianggap pantas sesuai norma-norma, adat istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan masyarakat.
Apa yang dimaksud dengan gender?
Gender memiliki perbedaan-perbedaan bentuk antara satu masyarakat dengan masyarakat lain karena norma-norma, adat istiadat, kepercayaan, dan kebiasaan masyarakat yang berbeda.

Jadi tidak seharusnya Pekerjaan rumah Tangga itu dikerjakan oleh seorang wanita atau istri saja tetapi lelaki juga bisa turut serta membantu dalam melakukan pekerjaan rumah dengan intinya saling membantu agar perempuan tidak melakukan pekerjaan Ganda . Seperti halnya Peran seorang wanita juga bisa jadi seorang pemimpin ,seorang wanita juga bisa jadi sopir,Polisi ,dll. Jadi bisa dikatakan Gender adalah persamaan peran antara laki-laki dan perempuan yang sifatnya beruba- ubah sesuai dengan dengan adat istiadat ,norma ,kepercayaan dan kebiasaan masyarakat yang berbeda.Gender bisa diartikan sebagai ide dan harapan dalam arti yang luas yang bisa ditukarkan antara laki-laki dan perempua, ide tentang karakter femini dan makulin, kemampuan dan harapan tentang bagaimana seharusya laki-laki dan perempuan berperilaku dalam berbagai situasi. Ide-ide ini disosialisasikan lewat perantara keluarga, teman, agama dan media. Lewat perantara-perantara ini, gender terefleksikan ke dalam peran-peran, status sosial, kekuasaan politik dan ekonomi antara laki-laki- dan perempuan. Sedangkan Sex/Jenis kelamin adalah simbol biologis Kodrati tidak dapat berubah-ubah .

                                       “Partisipasi remaja terkait Program Yes I do”

 

Dikutip Oleh

Abu Saputro Penyuluh DBT desa Menoro. email : iputabuokey@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan